Kamis, 13 Februari 2020

Cara Jitu Budidaya Ikan Koi Di Kolam

Jika kita telisik secara bersama,bahwasanya sektor perikanan yang sekarang ini masif  di Indonesia tergolong menjanjikan dan juga sangat potensial sekali. Salah satunya seperti adalah budidaya ikan koi. Nah,kali ini kami akan membahas tentang Cara Jitu Budidaya Ikan Koi Di Kolam,untuk itu langsung simak saja ulasan kami di bawah ini.
Salah satu jenis Ikan hias ini memiliki nilai jual tinggi tergantung dengan jenis dan ukuran tubuh. Maka sudah tidak perlu diragukan kembali jika potensi bisnis ikan koi ini cemerlang. Nah, pada artikel kali ini, kami selaku admin akan sedikit mengulas peluang usaha budidaya koi dan bagaimana cara memulainya.
Koi termasuk ke dalam jenis ikan mas. Peluang budidaya ikan koi mampu mendatangkan keuntungan berlimpah. Karena, ikan koi adalah primadona ikan yang banyak peminatnya. Bahkan, sebagian orang mempercayai bahwa dengan memelihara koi akan membawa hoki atau keberuntungan.
Membudidayakan ikan hias koi terbilang gampang-gampang susah.  Namun, dengan ketekunan, siapa pun bisa melakukannya.
Nah,berikut penjelasan detailnya mengenai persiapan budidaya ikan koi
Penampilan
Munculnya seorang wanita yang membawa telur harus sangat terlihat. betina akan memiliki penampilan yang membengkak yang akan tampak satu sisi, biasanya sisi kiri. Dia akan terasa lebih besar daripada laki-laki koi. Jika Anda melihat penampilan ini dalam sebuah koi betina dewasa, atau terlambat di musim kawin, mungkin indikasi penyakit atau semacam parasit.
Pemijahan Indukan Ikan Koi
Ketika Anda melihat ikan koi anda sedang “hamil” maka ciri fisik yang terlihat secara jelas pada tubuh ikan koi ini ditandai dengan perut membesar dan dengan telur, membantunya dengan menyediakan daerah untuk bertelur sehingga mereka dapat dengan mudah dikumpulkan untuk inkubasi sesudahnya.
Tanda-tanda bahwa perkawinan akan segera berlangsung adalah dengan cara melihat ikan koi betina sedang bermanuver dan menyenggol koi laki-laki dan selang waktu kemudian terjadi lah pergesekan ikan koi jantan dengan betina. Pemijahan ini sebenarnya memerlukan waktu yang relatif singkat, setidaknya hanya berlangsung sekitar setengah jam saja. Untuk memperjelas sebuah tanda bahwa perkawinan telah terjadi adalah dengan mengamati secara langsung pada area pemijahan apakah berbusa atau tidak? Kalau berbusa dan hampir mirip seperti substansi pada permukaan air maka pemijahan sudah pada tahap puncak. dalam hal ini nantiya indukan ikan koi betina akan tampak kelelahan dan terlohat malas-malasan di dasar kolam.
Cara Jitu Budidaya Ikan Koi Di Kolam
Memilih indukan untuk budidaya ikan koi
Memilih indukan merupakan peranan yang sangat amat penting dalam hal budidaya ikan koi. Pemilihan Indukan ini harus sesuai dengan kriteria dan juga kualitas yang bagus baik secara genetis maupun fisik,yang mana nantinya akan menghasilkan keturunan yang bagus pula,dan hal itulah yang menjadi sebuah patokan bagi para pebisnis ternak hewan. Memilih Indukan ikan koi yang berkualitas ini biasanya dimiliki oleh penangkar atau para penghobi ikan koi.
Penghobi ikan koi biasanya banyak mengoleksi ikan koi yang berkualitas dan bervarian jenis nya, baik untuk dipelihara sendiri maupun untuk tampil di ajang kontes. Namun para penghobi koi ini rata-rata tidak memiliki keterampilan atau waktu untuk mengawinkan ikannya.
Untuk menjaga agar ikan koi ini tetap dalam kondisi sehat dan fit,maka salah satu cara yang hendak anda lakukan adalah dengan cara dikawinkan dengan catatan ikan koi tersebut telah tiba waktunya dikawinkan,kebanyakan para pembudidaya ikan koi ini biasa untuk saling kerja sama dengan pemilik ikan koi lainnya. Dimana dengan adanya trik semacam ini,maka sudah pasti sang pemilik akan mendapatkan keuntungan yang berlimapah,karena ikannya bisa dikawinkan dan sudah pasti sang pemilik akan mendapatkan keuntungan lagi.
Persiapan Kolam Budidaya Ikan Koi
Di tahapan ini setidaknya anda mengetahui sedikit tentang beberapa jenis kolam yang bisa dijadikan sebagai tempat budidaya ikan koi. Persiapan kolam seperti ini merupakan hal yang sangatlah diperlukan, karena kedepannya akan mempengaruhi untuk melakukan proses pemijahan dan step lainnya. Hal ini juga bisa dimasukan kedalam kategori perawatan ikan koi. Yang mana mempunyai artian persiapan kolam akan menentukan tentang kelayakan hidup serta kesehatan pada ikan koi.
Kolam Beton
Yang pertama yaitu jenis kolam beton. Banyak sekali referensi yang bisa anda lihat atau melihat secara langsung kepada pembudidaya ikan hias lainnya atau ikan konsumsi. Namun demikian adanya,bahwa saya pikir kurang lebih sekitar 20% saja pembudidaya yang mengerti tentang desain kolam ikan koi yang baik.
Rata – rata kolam yang berada diwilayah kita semua ini kebanyakan hanya untuk memelihara jenis ikan konsumsi dan cenderung biasa-biasa saja. Namun bila disini anda membangun kolam beton yang mempunyai tujuan untuk budidaya ikan koi yang mana meliputi berbagai segmentasi. Seperti kolam pemijahan, pembenihan dan pembesaran maka harus diperhatikan.
Yang pertama  harus anda lakukan adalah melihat tentang luasan daerah yang hendak akan dijadikan sebagai kolam beton. Untuk budidaya ikan koi ini idealnya diperlukan setiaknya 3 atau 4 kolam. Yaitu yang pertama untuk pemijahan, pembenihan dan pembesaran ikan koi. Ukuran yang bisa dibuat untuk pemijahan yaitu sekitar 4 x 5 meter.
Untuk pembenihan dan kolam sentralisasi, maka anda bisa membuat lebih kecil 2 meter dan itu juga sudah cukup. Karena nantinya supaya ikan koi ini bisa terkontrol secara maksimal. Dan yang terakhir untuk pembesaran bisa dibuat kolam yang lebih besar 5 x 9 meter atau bisa juga lebih.
BUDIDAYA IKAN KOI DI AQUARIUM
Kolam jenis ini hanya bisa dilakukan untuk perawatan pada ikan koi yang masih dalam keadaan bibit atau hanya untuk pembenihan saja. Dibuatnya aquarium ini supaya dapat mengontrol ikan koi pada usia larva ikan koi baru saja menetas. Pemilihan aquarium ini bertujuan agar lebih praktis dan juga memudahkan dalam pengontrolan serta pemberian pakan ikan koi.
KOLAM TANAH
Kalau yang satu ini ada kaitannya dengan kolam tembok atau beton. Dengan kolam tanah anda pun bisa juga untuk buat dengan dasaran yang terbuat dari  tanah dan nantinya akan menggunakan dinding yang terbuat dari beton. Atau benar-benar full tanah. Namun,kami menyarankan kepada anda bahwa penggunaan kolam tanah sebagai tempat karantina indukan atau  media untuk pembesaran ikan koi adalah cara terbaik.
Kolam Terpal
kolam terpal merupakan jenis kolam yang cukup fleksibel dan mudah untuk dipindah,maka dengan ini jenis kolam terpal pun bisa anda letakkan di dalam maupun berada di luar rumah, yang penting kondisi air di kolam terpal ini masih bisa terjaga dengan sebaik-baiknya.
Dalam artian disini adalah terjaga dari serangan hewan predator maupun tangan-tangan usil manusia (pencuri). Selain itu, kolam terpal juga harus terjaga dari pergantian cuaca dan juga menjaga kestabilan suhu ekstrem yang bisa mempengaruhi ikan koi yang ada di dalamnya.
Sebagai contoh, saja ketika Anda mempunyai sebuah halaman rumah dengan luas halaman sekitar 20 x 10 meter persegi. maka dengan ukuran halaman seperti itu anda bisa membuat setidaknya 2 – 3 kolam terpal dengan ukuran sekitar 3 m x 2 m x 1 m. Atau anda juga bisa untuk membuatnya sendiri atau meminta bantuan tukang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untung Besar dari Bisnis Budidaya Lobster Air Tawar

  Memiliki warna biru yang cerah disertai bentuk tubuh yang terlihat kekar dan anggun menjadikan lobster air tawar menarik dijadikan hiasan ...